Sunday 2 June 2019

Aliran Seni Lukis serta Tokoh dan Karya

ALIRAN GAYA LUKISAN


Sebuah lukisan memiliki ciri khas, tema, dan teknik, yang disebut gaya atau aliran. Berdasarkan cara pengungkapannya aliran dan gaya dapat dibedakan/digolongkan menjadi tiga, yaitu representatif, deformatif, dan nonrepresentatif. Berikut penjabaran aliran dan gaya lukisan serta tokoh-tokoh dan karya:

A. Representatif
        
        Representatif dalam seni budaya adalah gaya seni rupa yang menggunakan keadaan nyata pada kehidupan masyarakat dan gaya alam. Gaya seni rupa yang termasuk dalam representatif, yaitu :
  • Naturalisme 
         Naturalisme adalah aliran seni lukis yang penggambarannya alami atau sesuai dengan keadaan alam. Naturalisme melukiskan segala sesuatu sesuai dengan nature atau alam nyata, artinya disesuaikan dengan tangkapan mata kita. Perupa yang beraliran ini antara lain Basuki Abdullah, Abdullah Suryobroto, Mas Pringadi, Wakidi, Rubens, William Bliss Baker, dan Constabel.

Basuki Abdullah

William Bliss Baker
Anthony Shoals

  • Realisme
          Realisme adalah aliran seni lukis yang memandang dunia ini tanpa ilusi, apa adanya tanpa menambah atau mengurangi objek, penggambarannya sesuai dengan kenyataan hidup. Pelukis yang beraliran ini antara lain, Raden Saleh, Gustave Courbet, Edouard Manet,  Trubus, Wardoyo, Tarmizi, S. Sudjojono, dan Dullah



Raden Saleh
Gustave Courbet
Edouard Manet

  • Romantisme

        Romantisme merupakan salah satu aliran tertua dalam sejarah dunia seni lukis. Romantisme adalah aliran seni lukis yang menyajikan nilai-nilai fantastis, indah, dan dramatis. Pelukis yang beraliran ini antara lain, Raden Saleh, Theodore Gerricaul, dan Francisco Goya.

Raden Saleh
Theodore Gerricault
Francisco Goya

B. Deformatif
       
       Deformatif adalah gaya seni rupa dengan perubahan bentuk dari aslinya, sehingga menghasilkan bentuk baru namun tidak meninggalkan bentuk dasar yang asli. 
  • Ekspresionisme
        Ekspresionisme merupakan aliran seni luksi yang mengutamakan ekspresi individu seniman dengan efek-efek emosional.
Pelukis dari aliran ini yaitu, Affandi, Vincent Van Gough, dan Edvard Munch.
Affandi
Vincent Van Gogh
Edvard Munch
  • Impresionisme
       Impresionisme adalah aliran seni lukis yang menampilkan kesan-kesan pencahayaan yang kuat, dengan penekanan tampilan warna dan bukan bentuk. Pelukis dengan aliran ini yaitu, Claude Monet, Edgar Degas, dan James Abbot Mcneill Whistler.

Claude Monet
Edgar Degas

James Mcneill Whistler
  • Surealisme
       Surealisme merupakan aliran yang paling banyak dikenal. Surealisme adalah aliran seni lukis yang menunjukkan daya khayal, kebebasan kreativitas sampai melampaui batas logika. Pelukis yang beraliran ini antara lain, Salvador Dali, Max Ernst, dan Rene Magritte.

Salvador Dali
Max Ernst
Rene Magritte
  • Kubisme
        Kubisme adalah aliran seni lukis yang penggambarannya memiliki bentuk-bentuk geometris. Pelukis dengan aliran ini yaitu, Pablo Picasso, Georges Braque, dan Juan Gris.

Pablo Picasso
Georges Braque
Juan Gris

C. Nonrepresentatif
       
       Nonrepresentatif adalah gaya seni lukis yang penggambarannya dengan bentuk yang sulit dikenali atau bersifat abstrak. Pelukis yang beraliran ini antara lain, Amri Yahya, Sadali, dan Jackson Pollock.

Amri Yahya
Achmad Sadali
Jackson Pollock

No comments:

Post a Comment

Penjelasan dan Panduan Menggambar

Menggambar merupakan kegiatan yang pastinya sudah dilakukan sejak kecil bukan? Jadi,sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan menggambar i...